Thursday, February 22, 2018

Anoreksia Bulimia itu Ada








Memiliki tubuh yang bagus dan ideal serta berpenampilan cantik menjadi keinginan setiap wanita, bahkan konon, cantik merupakan kunci utama bagi kaum wanita yang dapat membuat wanita menjadi lebih percaya diri.
Untuk mewujudkan keinginannya menjadi cantik dan menarik, wanita melakukan banyak cara seperti menurunkan berat badan dengan diet atau dengan cara ekstrim yang dapat membahayakan kesehatannya dan menimbulkan kecenderungan pada Eating Disorder atau gangguan pola makan.
Eating disorder adalah suatu sindrom psikiatrik yang ditandai oleh pola makan yang menyimpang yang berkaitan dengan makan, bentuk tubuh dan berat badan. Gangguan pola makan disebabkan oleh ketakutan atau kekhawatiran yang berlebihan dalam kenaikan berat badan dan dapat menyebabkan kekurangan gizi bahkan anemia.
Ditahun 2005 dilakukan penelitian dan didapat hasil bahwa insiden anoreksia sebesar 7 kasus per 100.000 populasi di negara-negara barat. Diperkirakan 4000 kasus baru muncul di Inggris dengan prevalensi berkisar antara 0,1-1%. Bahkan penelitian yang dilakukan selama 10 tahun menyatakan bahwa angka kematian akibat anoreksia mencapai 6,6%.
Sedangkan untuk kasus Bulimia kasusnya mencapai 1-5% di Amerika. Di Inggris insiden kasus bulimia sebesar 12 kasus per 100.000 penduduk. Penelitian yang pernah dilakukan di Jakarta menyatakan bahwa 34,8% remaja mengalami perilaku makan yang menyimpang dengan spesifikasi 11,6% menderita anoreksia dan 27% menderita bulimia.
Untuk kasus gangguan pola makan Binge Eating di Indonesia sebesar 0,76% dan banyak ditemukan pada populasi yang mengalami kelebihan berat badan.

Gangguan Pola makan atau Eating Disorder dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) macam, yaitu :
1. ANOREKSIA
Menurut American Psychiatric Assosiation, anoreksia adalah kesalahan memandang berat badan atau bentuk badan. Individu yang mengalami gangguan ini mengalami ketakutan yang amat sangat terhadap kenaikan berat badan, sehingga cenderung melakukan penolakan berat badan normal sesuai umur dan berat badan kendatipun sebenarnya berat badan telah berada dibawah normal5.  Mereka makan dengan porsi sedikit (1-2 sendok saja), melakukan olah raga yang keras serta selalu merasa kenyang serta gelisah

2. BULIMIA
Bulimia adalah salah satu eating disorder yang menunjukkan pola menyantap makanan banyak-banyak untuk kemudian dimuntahkan dengan cara menggunakan tangan yang disogok ke tenggorokan atau memakai obat pencahar

3. BINGE EATING
Binge eating merupakan salah satu eating disorder yang menjalani diet beberapa waktu, kemudian makan banyak dan meninggalkan dietnya, kontrol diri hilang dan merasa menyesal setelahnya. Semakin penderita binge eating menyesali tindakannya, semakin banyak makanan yang masuk kedalam mulut. Tidak melakukan banyak olah raga dan tidak menjalani puasa, akibatnya berat badan menjadi sangat berlebihan.

Berikut beberapa contoh kasus anoreksia yang mencengangkan
a. Anoreksia pada 2 gadis kembar identik berusia 20 tahun harus berjuang untuk hidup. Tubuhnya sangat kurus membuat mereka tampak seperti wanita tua






b. Anoreksia pada model pria
Jeremy G yang pernah menjadi model pria berwajah tampan dengan perut six-pack,  menderita anoreksi dan bulimia, mengalami kelaparan kronis, merangsang dirinya untuk muntah dan olah raga tak kenal lelah. Akhirnya ia meninggal pada usia 38 tahun di 2010 dengan berat badan hanya 29 kg



c. Ibu kurus anoreksia yang bisa memakai baju putrinya yang berusia 7 tahun



d. Remaja yang berjalan 12 jam sehari untuk menurunkan berat badannya
Lauren Bailey melakukan aktivitas berjalan kaki hingga 12 jam sehari. Berat badannya yang sangat kurus membuatnya harus dirawat selama 18 bulan di Rumah sakit

         
Dipandang dari segi agama, pada dasarnya manusia telah diberi akal untuk mensyukuri nikmat, hanya saja manusia terkadang lupa dengan nikmat tersebut. Mensyukuri nikmat Allah merupakan bagian dari tanda keimanan kita kepada Allah.
Hakikat pengertian syukur adalah menampakkan nikmat dengan menggunakannya pada tempatnya dan sesuai dengan kehendak pemberinya. Sedangkan kufur adalah menyembunyikan dan melupakan nikmat. Yakinlah bahwa sesungguhnya Allah telah menciptakan manusia dalam bentuk sebaik-baiknya dan sesuai dengan proporsinya.
"Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran" (QS. Al Qamar : 54).
"Allah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya "(QS. At Tiin : 4)
Dalam kehidupan sehari-hari Hakikat syukur menjaga tubuh kita dapat diwujudkan dalam aktifitas berikut :
1.        Selalu mengawali semua aktifitas dengan basmallah-doa dan mengakhiri dengan hamdallah-doa (tidur, makan, mandi, berpakaian, bercermin, bekerja dll)
2.        Bersikap tawazun (seimbang) menjaga potensi yang diberikan Allah kepada kita meliputi :
a.  potensi jasmani (al jasad) agar badan sehat : makan yang halal dan thayyib, beristirahat dan olah raga dll
b.  potensi jiwa (Ar-Ruh) agar jiwa sehat : mendirikan salat, menghadiri kajian islam,  tilawah dll
c.   potensi akal (Al Aql) : menuntut ilmu, sesungguhnya Allah akan menggangkat derajat orang-orang yang berilmu

Dengan sikap syukur inilah manusia akan merasakan nikmat yang sebenarnya atau nikmat lahir dan batin. Nikmat yang tak hanya dirasakan didunia tapi juga akan kita nikmati diakhirat. Semoga Allah menjauhkan kita dari penyakit akibat pola makan atau perilaku makan yang salah. Amin yaa robbalalamiin.


 #OneDayOnePost#Batch5












1 comment:

Realize a real

Jika lamat lamat senja mengantarkan kata perpisahan  Disitulah sebenarnya rindu menjadi satu bersama sendu  Perihalnya tak nya...