Friday, February 9, 2018

Yuk...Jadi Konsumen Cerdas-Review Produk Aplikasi Android "BPOM Mobile"



Dimasa sekarang, kecenderungan banyak orang yang hari-harinya dipenuhi kegiatan, bekerja dari mulai pagi hari sampai gelap hari kembali. Tubuh terkadang merasa lelah ataupun pegal. Di sebagian lain, banyak masyarakat yang mencoba mengatasi hal tersebut dengan meminum obat tradisonal.  Adanya ajakan "Back To Nature" atau kembali ke alam meningkatkan penggunaan Obat Tradisional menjadi pilihan, selain juga dikarenakan harga terjangkau dan anggapan  tanpa efek samping. 

Definisi obat tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik) atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman.

Nah, ternyata euforia masyarakat menggunakan obat tradisional dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Pihak tersebut menambahkan Bahan Kimia Obat atau dikenal dengan BKO agar khasiat obat tradisional dirasakan sangat manjur dalam waktu cepat. Dalam produk obat tradisional tersebut ditambahkan zat obat dalam bentuk serbuk. Ini dapat mengakibatkan efek samping yang berbahaya mulai dari keroposnya tulang sampai dengan moonface atau wajah bulat seperti bulan, klimaksnya berbahaya bagi ginjal.

Agar kita bisa mendapatkan produk jamu atau obat tradisional yang bermutu kita mengandalkan tercantumnya nomor izin edar obat tradisional tersebut yang berkode POM TR. 


Tapi ternyata ada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab mencantumkan juga nomor fiktif POM TR dalam kemasan obat tradisional. Oleh karena itu diperlukan sistem yang dapat menscreening atau mendeteksi apakah nomor izin edar yang tercantum dalam suatu obat tradisional fiktif atau asli. 

Pemerintah dalam hal ini Badan Pengawas Obat dan Makanan, dalam tujuannya melindungi masyarakat, menyediakan suatu aplikasi android yang dinamakan "BPOM Mobile". Cukup dengan katakunci "Cek Klik BPOM"  kita bisa menemukan menu "BPOM Mobile" di Play Store Android. Aplikasi ini dapat diunduh dengan mudah dimana saja dan kapan saja, membutuhkan hanya 9,6 MB saja. 





Menu BPOM Mobile, dapat di instal dengan mengklik menu instal, tunggu beberapa saat sampai terinstal sempurna. 


tampilan di gawai jika sudah terinstal


Bisa Klik pada Menu BPOM Mobile, akan muncul tampilan 'Cek Produk", "Riwayat Scan", "Berita", dan "Pengaduan". Maka jika kita mau memastikan apakah produk obat tradisional yang tercantum pada produk obat tradisional yang kita miliki fiktif atau tidak kliklah "Cek Produk".


Kita ambil contoh Produk Obat Tradisional Merk Daun Binahong Asam Urat Plus Pegal Linu produksi Surya Bintang. Pada label mencantumkan nomor izin edar POM TR 026781326




Daun Binahong Asam Urat Plus Pegal Linu








masukkan nomor izin edar tersebut tanpa perlu memasukkan kata "POM" dan tanpa spasi, menjadi "TR026781326" tekan "Cek Produk"


Sistem akan menampilkan pada layar, hasil pencarian sebagai berikut



Data tidak ditemukan berarti nomor izin edar produk daun Binahong tersebut adalah fiktif sehingga tidak terdapat dalam database BPOM. Kemudian kita sebagai konsumen bisa melakukan pengaduan perihal produk tersebut, Cukup klik 'Ya", maka tampilan selanjutnya adalah sebagai berikut

Sampaikan masalah yang kita temui, nama produk, nomor izin edar fiktif  bahkan kita bisa juga menambahkan foto-foto pendukung, lokasi dan alamat tempat kita membeli produk. Informasi ini menjadi hal yang penting bagi pihak BPOM untuk menindaklanjuti temuan tersebut.

Baiklah, ulasan diatas itu untuk produk yang memiliki nomor izin edar fiktif. Lanjut kita masuk ke contoh pencarian kebenaran nomor izin edar produk yang asli . Produk V*co  Zaitun dengan nomor POM TR 183311231.




nomor izin edar tersebut ada dalam data base sistem, sehingga diperoleh semua informasi tentang produk tersebut yang meliputi nama produk, nomor registrasi atau izin edar, kemasan, bentuk sediaan, tanggal kadaluarsa, produsen dan pendaftar produk. Dipastikan nomor izin edar produk tersebut adalah asli.

Demikian aplikasi BPOM Mobile digunakan, sangat mudah dalam penggunaannya. Kekurangannya hanya ada pada keberadaan jaringan internet, aplikasi ini dapat digunakan jika gawai terkoneksi dengan jaringan internet, tanpanya tidak dapat digunakan.

Begitu mudahnya digunakan, maka kita sebagai konsumen haruslah sudah saatnya menjadi konsumen cerdas, karena paparan produk ilegal dan palsu ada disekitar kita.

Sedianya produk obat tradisional merupakan produk yang notabene sangat sering sekali digunakan oleh orang-orang disekitar kita kerabat, saudara atau bahkan orangtua kita. Maka jangan ragu lagi untuk segera mengunduh aplikasi BPOM Mobile yang dengannya kita dapat memberikan informasi yang tepat mengenai obat kepada masyarakat.

#Tantangan3#OneDayOnePost#Batch5





2 comments:

  1. Wah ... terima kasih infonya ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mba Desi sudah mampir disini, bisa mohon bantu dishare infonya ya...

      Delete

Realize a real

Jika lamat lamat senja mengantarkan kata perpisahan  Disitulah sebenarnya rindu menjadi satu bersama sendu  Perihalnya tak nya...