Friday, March 16, 2018

Diary Aira 6 (Ketika Cinta Bertasbih)




                                                          

picture from  http://inelettysia94.blogspot.co.id


Perumahan Graha Utama, 19.37 WIB
Mba Mirna menyambutku didepan rumah
nya, ia tau aku mengendarai motor.
Ia menunggu didepan rumah untuk memastikan aku datang dengan selamat sampai 
rumahnya. Senyumnya mengembang
 entah karena mengimbangi senyumku atau karena rasa senang beliau akan agenda pertemuan hari ini, entahlah...yang penting aku sudah sampai 
rumahnya dengan selamat tak kurang suatu apapun. Ia mempersilahkan aku memarkir 
kendaraan diparkiran rumahnya

"Aira, Wildan sudah dijalan menuju kesini" Mba Mirna menginfokan
"Ooiya Mba" aku membulatkan mulutku membentuk huruf O, tanggapanku singkat, karena rasanya lidahku kelu, nervous!

Aku berbincang-bincang ringan dengan Mba Mirna, sepertinya ia merasakan perasaan 
nervousku, maka ia mengajakku mengobrol menceritakan kembali kisah seru dan lucu
kami saat agenda rihlah ke Bandung dua bulan lalu. Ini bukan kali pertama Mba Mirna 
mempertemukan kedua pihak yang mau berkenalan. Mungkin sudah beberapa kavling 
disurga yang sudah didapatkan karena berhasil menjodohkan sekitar 3 sampai 4 pasangan.Jadi ia sudah hafal bagaimana mengkondisikan suasana. Suasana menjadi cair, aku merasarileks saat itu, sampai saat bunyi motor didepan rumah Mba Mirna, deg!

"Assalamualaikum..." seseorang didepan rumah memberi salam, aku membenarkan posisi dudukku
Itu pasti dia" ucapku dalam hati, aku bicara saja sendiri dalam hati, sampai lupa 
menjawab salam, lamunanku buyar sampai aku mendengar suara Mba Mirna menjawab 
salam.
"Wa'alaikumsalam...silahkan masuk "

Scene itu menjadi penting dalam kisah ini, jadi di slow motion ceritanya...berjalan masuk dengan perlahan, seseorang dengan baju koko putih, semakin dekat...dan dekat sekali 
menuju pintu rumah. Ia tunjukkan wajahnya, aku lekat memandangnya...

"Bu Mirna, ini saya antar kartu iuran warga bulan ini Bu, saya antar sekalian jalan 
pulang dari Masjid..."
"Terima kasih Pak Musa" jawab Mba Mirna, ternyata Pak Musa sekretaris RT lingkungan rumah Mba Mirna.

Hadeeeh...aku terperangah...aku kira Mas Wildan

Sepulangnya Pak Musa aku melanjutkan pembicaraan dengan Mba Mirna, sampai 
akhirnya kembali suara motor berhenti. Tak lama ada dua orang laki-laki sudah berdiri 
didepan pintu rumah Mba Mirna, terdengar tawa keduanya sebelum mereka mengucapkan salam
"Assalamualaikum" ucap salah satu dari kedua orang itu
"Waalaikumsalam..." jawabku dan Mba Mirna berbarengan

Keduanya akan masuk kedalam rumah Mba Mirna, terlihat satu menggunakan kemeja 
coklat tua dan satunya menggunakan kaos biru.

Waktu menunjukkan pukul 19.50 WIB, angin malam sesekali berasa masuk ke dalam rumah, kadang dingin berdesir dikulit tangan dan muka. Cahaya bulan terlihat memendar di
atas air kolam kecil di dekat pintu masuk. krik...krik...hanya terdengar bunyi jangkrik 
malam itu. Tapi sempat terhenti mungkin empati padaku agar membuat suasana lebih 
hening syahdu...

Laki-laki berkemeja coklat tua masuk lebih dulu, kaki kanannya melangkah pertama, 
semua menjadi gerakan perlahan slow motion lagi...dan aku mendengar sayup-sayup 

Bertuturlah cinta mengucap satu nama
Seindah goresan sabda-Mu dalam kitabku
Cinta yang bertasbih mengutus hati ini
Ku sandarkan hidup dan matiku pada-Mu

Bisikkan doaku dalam butiran tasbih
Ku panjatkan pintaku padaMu Maha Cinta
Sudah diubun-ubun cinta mengusik rasa
Tak bisa ku paksa walau hatiku menjerit

Ketika cinta bertasbih nadiku berdenyut merdu
Kembang kempis dadaku merangkai butir cinta
Garis tangan tergambar tak bisa aku menentang
Sujud syukur pada-Mu atas segala cinta...


Keduanya sudah memasuki ruang tamu Mba Mirna lalu mengucap salam dengan
tangannya didepan dada, begitulah cara ia bersalaman tak bersentuhan langsung dengan
kami. Sambil salam ia menatap Mba Mirna dan Aku. Mba Mirna mempersilahkan duduk. Aku melihat keduanya sambil menerka mana sosok Mas Wildan, belum selesai aku 
menyimpulkan, Mba Mirna segera memperkenalkanku pada Mas Wildan

"Wildan, perkenalkan ini Aira...dan Aira ini Wildan " ,begitu Mba Mirna membuka 
percakapan malam itu. 

Benar terkaanku Mas Wildan yang menggunakan kemeja coklat. Kami saling menatap 
hanya sepersekiandetik, lalu aku kembali menunduk. 
Segala tasbih kuucap, Subhanallah...Alhamdulillah...Allahu Akbar...MasyaAllah...Aku 
gugup !

Kembali Mba Mirna mencairkan suasana malam itu, perbincangan menjadi hangat, ada 
beberapa tema sebenarnya yang kami bicarakan. Pertemuan itu ibarat melisankan tulisan 
yang ada dalam biodata. Obrolan seputar perkenalan diri dan keluarga serta tentang cita-cita dalam berkeluarga. 

Aku mengaku lebih dulu jika tak bisa memasak, pengakuan berat tapi ini adalah fakta 
yang harus kusampaikan. Ah...ternyata Mas Wildan dengan ringan menjawab

"Ngga apa-apa, nanti bisa cari tempat tinggal yang dekat warteg..." disambut tawa kami

Jam menunjukkan pukul 21.05 perbincangan malam itu ditutup Mba Mirna dengan 
menyampaikan tahapan selanjutnya

Wildan...Aira...perkenalan hari ini dicukupakan...selanjutnya istiqorohlah kalian minta petunjuk-Nya, dalam beberapa hari kedepan Mba mohon dikabari keputusan kalian,  lanjut atau tidaknya proses ini..."

Kami mengangguk memahami apa yang Mba Mirna sampaikan 

Mas Wildan yang datang bersama temannya izin pamit pulang lebih dulu. 
Dilanjut aku yang kembali nervous...ini bukan karena kepulangan Mas Wildan. 
Ini karena aku harus kembali pulang mengendarai motor Sygma hitam itu !

#OneDayOnePost#Batch5#TantanganCerbung6


2 comments:

Realize a real

Jika lamat lamat senja mengantarkan kata perpisahan  Disitulah sebenarnya rindu menjadi satu bersama sendu  Perihalnya tak nya...