Tuesday, March 20, 2018

Empat Tips Jitu Bisnis Apotek, sebuah Materi Seminar dari Fahrur Rozi, Apt






Minggu, 11 Maret 2018 dilaksanakan Seminar dan Workshop "Be Enterpreneur Pharmacist, Why Not?", acara ini diadakan oleh Ikatan Apoteker Indonesia Pengurus Cabang Kota Tangerang Selatan. Acara diadakan di Gedung Titan yang terletak di kawasan Bintaro. Berlangsung mulai sekitar pukul 09.00 WIB sampai dengan 17.00. Hadir tiga pembicara pengusaha yang berlatar belakang Apoteker dan satu panelis dari Dinas UMKM Kota Tangerang Selatan. Acara ini dibuka oleh sambutan dari ketua panitia  Ibu Apoteker Helen Arianna dan Ketua Ikatan Apoteker Indonesia Pengurus Cabang Kota Tangerang Selatan Bapak Apoteker Dany Kurniawan. 

Pemateri Pertama merupakan seorang Apoteker yang juga pengusaha, pemilik 12 Apotek Arroz Farma Group Lampung. Ia memberikan gelar dirinya Apt. Fahrur Rozi, Prof. Ph. Apt. Kata "Prof" bukan dalam makna arti sesungguhnya seorang Profesor tetapi dalam hal ini adalah Profesi, Sehingga dibacalah namanya Apoteker Fahrur Rozi, Profesi Pengusaha Apotek. Dari sini saja bisa terlihat bagaimana Pak Fahrur merupakan ia seseorang yang out of box. Dari pemaparannya kita mengetahui Empat Tips Jitu Bisnis Apotek. Tips pertama buka apotek dengan modal kecil, harga murah dan produk lengkap. Ia pun menyampaikan dari mana modal apotek didapatkan, yaitu dari Uang sendiri atau tabungan dan sumber lainnya yang dapat berasal dari BI atau IMF. BI bisa menjadi pemberi dana yang bisa memungkinkan dalam hal fleksibilitas waktu dan besarnya pembayaran cicilan. BI dalam hal ini bukan merupakan Bank Indonesia tetapi Bapak dan Ibu. Lagi-lagi ini merupakan plesetan yang narsum buat. 

Tips Kedua Penjualan Tanpa Resep Dokter tetapi tetap untung,maka dijual obat yang diperbolehkan diberikan tanpa resep dokter. Obat swamedikasi, kosmetik atau health care. Hal yang penting lagi adalah memilih lokasi apotek. Lokasi strategis antara lain dekat dengan Rumah Sakit atau Puskesmas, dekat Praktik Dokter, dekat Perumahan atau dekat Pasar atau Mall. Beberapa apoteknya didirikan diwilayah dekat pasar. 

Tips lanjutan ketiganya Bisa  membuka cabang apotek tiap tahun dengan kuncinya fokus dan niat kuat agar mampu membuka apotek baru. Tips keempat mengeksiskan apotek di Era BPJS ini, misalnya bergabung menjadi apotek jejaring. Slide ditutup dengan kalimat " Berani Memulai, Jangan Takut Gagal" dan "Kegagalan Sesungguhnya adalah Ketidakberanian Untuk Mencoba". 


#OneDayOnePost#Batch5

No comments:

Post a Comment

Realize a real

Jika lamat lamat senja mengantarkan kata perpisahan  Disitulah sebenarnya rindu menjadi satu bersama sendu  Perihalnya tak nya...